Imbas Konflik Internal, Goa Sunyaragi Ditutup, Bus Wisata Putar Balik

Imbas Konflik Internal, Goa Sunyaragi Ditutup, Bus Wisata Putar Balik

CIREBON - Konflik internal pengurus Badan Pengelola Goa Sunyaragi berujung pemblokiran akses masuk, yang terjadi pada, Sabtu (13/11/2021).

Pantauan radarcirebon.com, nampak akses masuk saat ini ditutup dengan pagar bambu, setelah sebelumnya portal gerbang dicopot.

Imbasnya, bus wisata yang hendak masuk area tersebut terpaksa putar balik. Seperti terlihat baru saja oleh wartawan di lokasi, bus berwarna biru harus meninggalkan lokasi karena tidak bisa masuk.

Akses masuk Goa Sunyaragi ditutup oleh pengurus objek wisata yang diberhentikan Sultan Sepuh XV, PRA Luqman Zulkaedin.

Saat ini di lokasi, nampak sejumlah pengurus Badan Pengelola Goa Sunyaragi berada di depan akses masuk utama dari Jl Brigjen Dharsono (By Pass) Kota Cirebon.

Di lokasi juga nampak ada penjagaan dari aparat kepolisian. Petugas juga menjaga area masuk mencegah terjadinya konflik antara kedua kubu.

Humas Badan Pengelola Sunyaragi, Eko Ardi Nugraha mengatakan, pengelola melakukan penutupan sementara mulai Sabtu hingga Minggu (13-14/11/2021).

\"Ini ada masalah internal yang harus diselesaikan dengan musyawarah. Kami meminta maaf kepada pengunjung, biro travel dan para pedagang,\" kata Eko.

Menurutnya, penutupan ini untuk kebaikan bersama. Sebab, Goa Sunyaragi adalah situs sejarah yang harus dilestarikan. Bukan dijadikan institusi bisnis.

Pihaknya berterima kasih dengan adanya penjagaan oleh aparat kepolisian baik dari Polres Cirebon Kota maupun Polsek Kesambi.

Seperti diketahui, pengurus Badan Pengelola Goa Sunyaragi diberhentikan Sultan Sepuh XV melalui sebuah surat. Dalam dokumen tertulis itu, Sultan juga menyertakan nama-nama pengurus baru.

Kendati demikian, pergantian pengurus ini menimbulkan gejolak. Lantaran para pengelola sebelumnya yang diangkat Sultan Sepuh XIV merasa diberhentikan sepihak tanpa kejelasan. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: